Simak Ideas Bisnis Sukses Dalam Menjalankan Usaha Keluarga

Memberikan gaji yang kompetitif adalah cara lain untuk memastikan laba dibagi secara adil. Joseph Hazan memiliki satu ide gila untuk membangkitkan bisnis keluarganya yang terancam bangkrut. Selain itu, generasi yang lebih muda, kata Agni sering melihat usaha yang dilakukan keluarganya “kuno”.

Bisnis dengan keluarga

Di tengah kondisi pandemi, bisnis keluarga pun bisa menjadi salah satu alternatif dalam memperoleh sumber pendapatan baru. Sampai saat ini masih ada perbedaan pendapat apakah berbisnis dengan pasangan menguntungkan atau tidak. Di satu sisi bisnis dengan pasangan dapat berjalan lancar karena ada saling percaya , memiliki misi dan visi yang relatif sama dan saluran komunikasi lebih lancar. Perusahaan dapat memiliki keuntungan yang tinggi atau berhasil terjadi karena kerja sama dan keharmonisan setiap para anggota perusahaan. Jadi, ketika perusahaan berjaya, itu semua adalah keberhasilan setiap orang sehingga tidak ada rasa pongah.

Melalui berbagai program yang didukung oleh Shopee seperti flash sale dan free of charge ongkir, Daster Batik Ony berhasil mengirimkan lebih dari 50 paket per hari. Momen tak terlupakan dilewati oleh Tiffany bersama dengan para karyawannya ketika berpartisipasi dalam kampanye Shopee. Di salah satu kampanye besar Shopee, para karyawan di balik Daster Ony rela menghabiskan waktu hingga larut malam karena penjualan Daster Ony berhasil melejit hingga 4 kali lipat.

Standar dan nilai yang dibangun dalam bisnis keluarga biasanya sangat ketat dan mengacu pada norma keluarga. Dikutip dari modalrakyat.id, dari hasil penelitian ditunjukkan bahwa 30% bisnis keluarga berlanjut ke generasi kedua sementara 12% sisanya melanjutkan ke generasi ketiga. Dalam pengolahan dan penyajian data tidak dalam bentuk angka-angka melainkan kata-kata.

Alasannya, Kalyanaraman akan dipersiapkan menjadi pucuk pimpinan perusahaan di kemudian hari. Sepulang sekolah, ia mesti pergi ke tempat kerja ayahnya agar bisa memahami proses dalam berbisnis tekstil. Sejak berusia 12 tahun, Kalyanaraman sudah turun untuk membantu sang ayah di toko. Sebagai anak tertua di keluarga, Kalyanaraman diberikan tugas lebih banyak dibandingkan saudara-saudaranya. Kondisi ini bisa mengakibatkan stagnasi bisnis dan meningkatkan konflik, sehingga kinerja perusahaan terkena dampaknya.

Mulai dari memilih ide bisnis, menetapkan visi, hingga mengembangkan rencana dan strategi bisnis ke depannya. Sebagai contoh, ketika ide rekan pembaca ditolak oleh sang ayah yang berperan sebagai pemimpin perusahaan, jangan berasumsi bahwa beliau tidak menyayangi Anda sebagai anak kandungnya. Hal itu dilakukan karena mungkin ide yang rekan pembaca berikan memang kurang tepat dengan kondisi bisnis saat itu.

Anak sebagai ahli waris secara fisik mempunyai hak untuk melanjutkan kepemilikan bisnis, namun apakah secara psikologis ia juga mempunyai rasa kepemilikan tersebut? Anak yang punya rasa memiliki tentu akan mengembangkan cara padang, sikap dan tanggung jawab yang berbeda dengan yang “terpaksa”. Penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan psikologis meningkatkan komitmen dan niat untuk melanjutkan bisnis keluarga. Kita tinggal mengawasi saja, sehingga kita bisa tenang mengatur keluarga.

Jangan lupa, dalam berbisnis sebaiknya pisahkan mana itu urusan bisnis dan mana urusan pribadi. Jangan sampai keduanya dicampur aduk karena dapat mengakibatkan suasana menjadi kacau. Jadilah pebisnis yang profesional, yang mampu mengendalikan emosi dan menempatkan dirinya dengan baik demi kebaikan bisnis. Kamu tidak boleh mengambil keputusan sepihak karena bisnis ini tidak seutuhnya menjadi milikmu, meskipun kamu menjadi pemilik modal terbesar. Begitu pula dengan tugas dan wewenang dalam berbisnis, harus berbeda antara satu dan yang lain.

41% generasi penerus bisnis keluarga menginginkan posisi sebagai direktur eksekutif dalam lima tahun ke depan, menurut Global NextGen Survey PwC 2019. Untuk bisnis keluarga, perlu usaha dan kerja keras yang lebih karena ini menyangkut nama besar dan keberlangsungan masa depan keluarga. Karena biasanya bisnis keluarga itu akan selalu diwariskan ke generasi penerusnya. Untuk itu bisnis keluarga perlu bisa terus bertahan Deposit DANA dan berkembang agar bisa menjadi kebanggaan keluarga. Dari segi pengoperasian, jika tanggung jawab jatuh kepada salah satu anggota keluarga, dia harus mampu bernegosiasi dengan seluruh keluarga yang terlibat dalam bisnis dan membuat keputusan terbaik. Namun, beberapa saran menyampaikan akan lebih baik jika Anda mempekerjakan seorang manajer yang bukan anggota keluarga untuk kontrol dan pengawasan yang lebih objektif.

Riset ini dirancang untuk mengungkap bagaimana para pendiri usaha saat ini mengoperasikan bisnis mereka. Hal ini terlihat dari bagaimana persepsi dan tanggapan mereka terhadap risiko; rencana waktu pensiun dan suksesi bisnis mereka; serta pandangan terhadap model bisnis keluarga di dekade selanjutnya. Tapi, struktur dan budaya casual yang ditemukan di banyak bisnis keluarga justru identik dengan kurangnya dokumentasi, lemahnya kebijakan, dan kurang spesifiknya strategi dan tujuan yang ditetapkan. Budaya casual yang ditemukan di banyak bisnis keluarga pun dapat menghasilkan strategi yang lemah untuk melatih karyawan baru.

Niqthania