Mau Buying And Selling Saham? Ini Cara Analisis Teknikal Saham Yang Bisa Kamu Pelajari

Analisis teknikal berlaku seperti kompas yang dapat membantu kamu memperkirakan pergerakan harga saham. Tingkat keakuratan Analisa teknikal memang tidak dijamin one hundred pc namun analisa teknikal bisa memberikan keakuratan yang cukup untuk kamu bisa mengambil keputusan berinvestasi di pasar saham. Investor atau trader saham pasti sering mendengar analisis teknikal sebagai salah satu cara untuk memprediksi pergerakan harga saham. Akan tetapi, banyak juga investor atau trader yang membeli saham tanpa melakukan analisis terlebih dahulu.

Belajar menganalisa saham

Menetapkan acuan harga wajar saham yang akan menjadi patokan untuk melakukan keputusan jual beli saham. Dalam kondisi ekonomi dan pasar saham sedang bergejolak hebat ini, banyak orang buru – buru meninggalkan investasi ini. Walaupun melakukan analisa teknikal saham ini sulit, namun hal ini adalah yang terpenting untuk membuat Anda bisa mengambil keputusan yang tepat bahkan ketika situasi tidak menguntungkan.

Dengan banyaknya ilmu yang diberikan dan fasilitas yang diberikan selama pelatihan rasanya tidak sebanding dengan investasi yang sudah saya keluarkan untuk mengikuti pelatihan ini. Semoga pelatihan ini dapat melahirkan para analis yang handal yang dapat berkontribusi untuk pasar modal Indonesia. Analisa merupakan faktor kunci untuk menghasilkan keputusan investasi dalam industri jasa keuangan. Dengan analisis yang baik, maka investasi dapat dilakukan dengan tepat. Untuk menghasilkan analisa yang baik, maka dibutuhkan kompetensi yang baik dalam bidang analisa.

Biasanya kamu bisa mengkombinasikan analisis harga ini dengan prospek perusahaan ke depannya, dan ada tidaknya sentimen yang mendukung. Indikator RSI membandingkan tingkat kenaikan dan penurunan harga saham untuk menilai apakah saham overbought atau oversold . Biasanya dealer menetapkan RSI titik 70 sudah overbought atau jenuh beli yang mengindikasikan akan turunnya harga saham. Sebaliknya, ketika angkanya lebih rendah dari 30, pasar sudah oversold sehingga sudah waktunya melakukan pembelian saham.

Warren Buffet pernah bilang, “Be Fearful When Others Are Greedy and Greedy When Others Are Fearful”,sementara Lo Khong Hong dalam nada yang hampir sama, bilang“Invest in dangerous instances. Artinya, Anda dituntut untuk berani beli saham saat pasar sedang turun, sedang anjlok, harga-harga saham hancur lebur. Karena pada saat itulah harga saham sedang murah-murahnya, saham sedang ‘salah harga’, yang memberikan kesempatan untuk bisa melakukan ‘buy low, sell high’. Persoalannya sekarang, berani tidak beli saham di saat pasar sedang hancur lebur?

Dari pergerakan harga tersebut kamu bisa mengamati pola-pola tertentu yang dapat dipakai sebagai dasar untuk melakukan pembelian atau penjualan . Analisis teknikal erat kaitannya dengan membaca grafik atau chart serta cenderung digunakan untuk jangka pendek. Analisis Fundamental adalah teknik analisa yang umumnya digunakan oleh investor untuk membantu keputusan jual beli saham.

Investasi saham akhir-akhir ini semakin digandrungi masyarakat terutama kalangan milenial perkotaan. Hal tersebut tidak lepas dari semakin tingginya kesadaran akan pentingnya investasi terutama di saat pandemi seperti sekarang ini. Namun, sayangnya belum banyak kalangan milenial yang tahu bagaimana belajar saham untuk pemula dengan benar.

Karena umumnya investor saham fokus ke Capital Gain, bukan deviden, cashflow dan sebagainya. Capital Gain berkaitan erat dengan pergerakan harga, sedangkan pada tahap sebelumnya dirasakan bahwa analisa basic tidak selalu dapat menentukan pergerakan harganya. Jika investor menguasai analisa teknikal dengan sangat baik, ia akan dengan mudah memperoleh keuntungan dan membatasi risiko dengan sangat baik. Data-data historis yang digunakan di dalam analisis teknikal antara lain seperti informasi harga pembukaan, penutupan, tertinggi, terendah serta volume perdagangan.

Niqthania