Lima Suggestions Optimalkan Bisnis Di Tengah Pandemi Corona

Seiring berjalannya waktu, kedai tersebut mengalami kemajuan hingga membuka cabang dan kemitraan. Kali ini, Sharing Bisnis dengan tema Seruput Kopi Pagi, menghadirkan 2 narasumber pengusaha bisnis kopi, yakni Wasis Gunarto, Pemilik KopiOey Jakarta dan Achmad Faisal, Pemilik Kopi Bray Bandung. “Salah satu dari banyak cara agar operasi kami tetap efisien adalah dengan mengotomatiskan sebanyak mungkin hal, seperti sistem pembayaran, dan menurunkan tenaga kerja yang diperlukan untuk menangani operasi yang sehat. Saat Anda melakukan apa yang sudah ditetapkan dalam perusahaan secara konsisten, meskipun hal yang sederhana, maka konsistensi tersebut akan mengarahkan Anda pada kesuksesan di masa datang. Konsisten dalam berperilaku baik akan membentuk kebiasaan yang positif pula.

Memikirkan strategi bisnis

Peningkatan fitur ini disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan di kondisi saat ini. Selain itu, tingkatkan pula konten agar pelanggan tidak bosan dan selalu mengingat produk yang Anda jual. Jangan sampai usaha anda menunggak pajak hingga beberapa waktu karena akan menghambat aktivitas keuangan kedepannya.

Maka tak heran jika banyak perusahaan yang berbondong-bondong untuk beralih menggunakan digital marketing guna memasarkan produk mereka. Sebagai contoh dampak negatif atas pengaruh lingkungan eksternal adalah ketika pemerintah mulai membatasi kuota impor gula. Hal ini akan mempengaruhi harga jual produk dan produsen food & beverages akan terkena dampaknya.

Oleh karena itu, strategi yang diterapkan dalam perusahaan pun bervariasi, tidak hanya memikirkan strategi jangka pendek, melainkan mengelola strategi jangka panjang agar terciptanya kinerja yang berkesinambungan dalam perusahaan. Dalam menyikapi kondisi tersebut, pelaku bisnis perlu menentukan langkah strategis. Pelaku bisnis bisa memulai untuk mengidentifikasi kondisi usaha selama masa pandemi Covid-19 dan keterbatasan yang dialami. Pelaku bisnis dapat melakukan survei sederhana melalui whatsapp terhadap para pelanggan tentang kebutuhan mereka saat ini. Survei bisa sekaligus menjaring beberapa opini tentang sistem usaha yang tepat bagi bisnis yang sedang kita jalankan.

Selain itu, pihaknya juga mendorong tim tertentu untuk menggunakan VPN demi menjamin kerahasiaan knowledge yang dipegangnya. Tidak hanya itu, inovasi produk atau jasa juga sangat perlu dilakukan sebagai strategi bisnis untuk menyesuaikan dengan perkembangan terkini. Seperti yang dilakukan Grab dengan menawarkan Grab Protect yang merupakan layanan menjamin penerapan protokol kesehatan driver di tengah masa pandemi seperti ini. Oleh sebab itu, penting sekali bagi seorang pebisnis untuk selalu peka dengan kondisi perkembangan lingkungannya.

Namun, saat ini kita berada di babak baru sehingga Anda membutuhkan strategi baru untuk mencapai tujuan Anda. Strategi bisnis di eranew normalyang perlu dilakukan adalah meninjau kembali rencana bisnis sehingga Anda dapat mencari peluang baru, mempertimbangkan kembali audiens yang selama ini Anda targetkan hingga strategi pemasarannya. Penurunan jumlah konsumen tentu sempat Anda rasakan jika Anda memiliki sistem bisnis yang mengutamakan tatap muka.

Mengolah makanan sendiri membuat mereka merasa lebih aman karena terjamin kebersihannya. Selain itu, perilaku banyak orang yang melakukan work at home rentan merasa jenuh dan bosan. Menjaga arus kas juga bisa dilakukan dengan menekan biaya produksi seperti biaya pembelian bahan baku, membayar gaji karyawan, biaya operasional barang, dan lain-lain. Jangan terburu-buru, dan mengambil keputusan di bawah tekanan bila tidak ingin kecewa serta menyesal. Inovasi juga mutlak diperlukan, terlebih dalam situasi genting sekarang ini.

Dibandingkan membuat iklan produk yang terlalu hard selling yang mungkin saja membuat Anda kehilangan kepercayaan pelanggan, lebih baik buatlah iklan produk yang soft promoting. Apapun strategi bisnis di masa pandemi yang akan kita jalankan tidak akan dapat berkembang dengan cepat apabila tidak dilakukan pengukuran. Dalam situasi yang serba tidak pasti, biasanya akan banyak informasi yang beredar di media sosial. Pastikan Anda harus menyaring, memikirkan dan mencheck kembali kebenarannya agar tidak membuat berita hoax atau kepanikan. Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah strategi apa yang harus Anda lakukan terkait bisnis di masa pandemi, untuk dapat bertahan dan beradaptasi dengan kondisi yang serba tidak pasti seperti saat ini?

Ada banyak jenis bisnis yang bisa dicoba untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Ketika usaha mengalami kesulitan, keluarga juga akan ikut merasakan dampaknya. Jika keluarga mendukung maka motivasi Anda untuk melanjutkan usaha akan lebih besar. Pembuatan skenario kerja perlu dilakukan untuk memilah dan mengantisipasi kondisi terburuk pemberlakuan lockdown.

Dari jenis bisnis itu, bisa dibilang bisnis F&B dan usaha menengah kebawah paling merasakan dampak dari wabah ini karena adanya himbauan agar masyarakat tetap di rumah saja. Sehingga bagi kamu yang memiliki usaha atau bisnis, simak suggestions berikut agar bisnis tetap bertahan dan meminimalisir kerugian. Selain itu, pemutakhiran rencana tanggap insiden keamanan perlu dilakukan untuk menyesuaikan dengan kondisi perubahan lingkungan kerja yang tersebar dari berbagai lokasi. Lewat website atau weblog pula, Anda bisa memiliki toko tanpa harus membuat toko fisik yang memakan modal besar untuk menyewa tempat dan memikirkan lokasi penjualan yang strategis. Blog free of charge atau area web site murah telah banyak bertebaran di web sehingga Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk mempromosikan produk dengan jangkauan yang lebih luas.

Niqthania